Tolak Pindah, Ratusan Pedagang Pasar Tradisional Kota Bojonegoro Gelar Aksi

 

BOJONEGORO, Reportase INC – Tolak pindah berjualan dari pasar tradisional ke Pasar Wisata di Kelurahan Banjarejo Kecamatan Bojonegoro kota, ratusan pedagang pasar tradisional Kota Bojonegoro melakukan aksi unjuk rasa di depan Pendopo Pemkab Bojonegoro, Jum’at (14/1/2022) siang.

H. Wasito selaku Ketua Perkumpulan Pedagang Pasar Kota Bojonegoro mewakili para pedagang menyatakan sikap kecewa atas keputusan tersebut. Mereka (para pedagang_red) menganggap, keputusan tersebut tidak melalui proses yang semestinya. Menurutnya, keputusan pemindahan tersebut tidak memperhatikan soal kesejahteraan dan hak asasi manusia yang telah diamanatkan oleh UUD 1945 Pasal 28 A yang berbunyi bahwa Setiap orang berhak untuk hidup serta mempertahankan hidup dan kehidupannya.

“Atas dasar tersebut maka kami para pedagang yang selama ini berkegiatan di Pasar Besar Kota Bojonegoro sengaja mengadakan kegiatan aksi guna menyampaikan aspirasi di kantor Bupati,” ujarnya.

Ratusan Pedagang yang menggelar aksi ini juga membentangkan poster dengan berbagai tulisan dan juga memasang baner yang berisi penolakan untuk pindah.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan Pemkab Bojonegoro serta Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro mengumumkan dan mengeluarkan perintah pindah kepada Pedagang pasar tradisional ke lokal baru di Pasar Wisata Kelurahan Banjarejo Kecamatan/Kota Bojonegoro.

Selain itu, adanya kabar rencana menutup dan memagar wilayah pasar oleh Pemkab Bojonegoro pada tanggal 15 Januari 2022. Hal tersebut juga membuat kegelisahan para pedagang terkait kebijakan pemerintah yang dianggap tidak berpihak pada pedagang pasar.

“Kami tetap menolak relokasi pasar, Karena sebagai pedagang kami jelas dirugikan baik secara materiil maupun inmateriil, serta tidak adanya landasan hukum yang jelas untuk memindahkan atau merelokasi pedagang, Kami juga menilai adanya unsur pemaksaan sepihak dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro,” ujar Wasito melalui pernyataannya. (San / Imam)

Baca :  Bupati Bojonegoro Laksanakan Shalat Idhul Adha Di Rumah Dinas, 1442 H

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *