Anggaran Sama Hasil Berbeda, Pengawas Diduga Tutup Mata

 

Bekasi ll Kurang propesional ataukah memang sengaja, Itulah ungkapan M. Samsul Rizal ketua terpilih DPK KNPI Cabangbungin kabupaten Bekasi terhadap CV Jufaiz Karya Graha yang saat ini sedang mengerjakan kegiatan pembangunan jembatan penghubung di kampung Garon tengah RT 006/003 Desa Setialaksana Kecamatan Cabangbungin yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi.

Samsul Rizal menilai pekerjaan tersebut jauh dari kata standard, kenapa? berdasarkan hasil survey yang dilakukannya dibeberapa titik yang berbeda, kegiatan pembangunan jembatan penghubung yang dikerjakan CV Jufaiz Karya Graha dengan nilai anggaran yang hampir sama sangat jauh berbeda.

“Kurang profesional ataukah memang sengaja dikerjakan asal asalan? Kenapa saya bilang seperti itu, dari hasil survey saya di beberapa lokasi dengan kegiatan dan anggaran yang hampir sama sangatlah jauh berbeda baik kondisi maupun tekhnis pekerjaan ” ungkap Samsul Rizal Ketua DPK KNPI Cabangbungin terpilih. Kamis 18/11/2021

Menurut Samsul dalam komentar sebelumnya pada media Analistiknews, Kurangnya pemadatan pada lapis pondasi agregat dan tidak adanya penahan tanah pada sisi bawah jembatan, di duga akan menyebabkan kurangnya ketahanan atau kekuatan dalam bangunan sehingga bisa menyebabkan patah apabila tanah yang digunakan untuk lapisan pondasi tersebut amblas, lebih-lebih kalau dilintasi oleh kendaraan yang memiliki bobot berat.

Dia pun menambahkan, betonnya pun di kerjakan dengan cara manual, tidak seperti pembangunan jembatan ditempat lain, hal ini diduga akan mengurangi mutu atau kualitas pada bangunan.

Terlihat lemahnya dalam segi pengawasan atau terkesan tutup mata dari pihak terkait membuat kontraktor seakan bekerja semaunya, tidak mengikuti aturan atau standard bangunan yang sudah dikonsep dengan matang oleh konsultan.

Baca :  Sidak Dewan Komisi B, PKL Dan Setor PAD Tantangan Buat Direktur PD Pasar Lamongan

Dalam hal ini, Samsul Rizal meminta Kepada Dinas terkait khususnya pengawas dan Camat Cabangbungin selaku pimpinan tertinggi diwilayah Kecamatan Cabangbungin untuk dapat meninjau serta menindak sesuai aturan.

“Terkait kegiatan yang saat ini sedang dikerjakan pihak CV Jufaiz Karya Graha di kampung Garon tengah, pihak Dinas instansi Terkait dan kalu perlu Camat Cabangbungin selaku pimpinan tertinggi di Cabangbungin untuk dapat meninjau langsung pembangunan yang diduga dikerjakan asal-asalan, serta dapat ditindak sesuat aturan” tutupnya.( Misnan LL.B )

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *