Tradisi Tahunan Sedekah Bumi, Warga Desa Cangkring Gelar Wayang Kulit

 

TUBAN, Reportase INC – Warga Desa Cangkring, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, siang ini menggelar pagelaran wayang kulit dan sedekah bumi. Pagelaran tersebut secara turun temurun yang dihadiri ratusan warga setempat tetap mematuhi protokol kesehatan. dan kegiatan sedekah bumi sebagai wujud syukur atas hasil panen yang melimpah dan sekaligus melestarikan adat budaya, yang dilaksanakan pada hari Kamis,(21/10/2021).

Di tempat kegiatan tersebut, warga setempat saat bincang -bincang kepada awak media, warga mengapresiasi kegiatan pegelaran wayang kulit dan sedekah bumi tersebut. Karena kegiatan tradisi seperti ini sangat perlu dilestarikan untuk menjaga budaya serta mempererat tali silaturohmi antar warga serta mempererat persaudaraan.” Yang utama, tentu saja sebagai rasa syukur atas nikmat hasil bumi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan warga desa dan sekitarnya,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu orang tertua di Desa Cangkring mengatakan, Kabupaten Tuban merupakan daerah agraris yang menghasilkan berbagai hasil pertanian dan perkebunan setiap tahunnya. Selain dikenal sebagai penghasil beras daerah ini merupakan penghasil polowijo yang telah meningkatkan penghasilan masyarakat.” Tuban juga dikenal sebagai wilayah religius, dimana warganya selalu mensyukuri nikmat tuhan, salah satunya dengan menggelar sedekah bumi ini,” ujarnya.

Acara yang berlangsung hingga nantik dilanjutkan nantik malam pagelalaran wayang kulit dibalai desa cangkring dan sebelumnya kemarin malam juga diadakan doa dan tahlel bersama untuk para leluhur serta doa mengharap agar hasil bumi bisa menjadi berkah. Setelahnya, melestarikan tradisi kesenian jawa, masyarakat dihibur dengan pertunjukan wayang kulit.”menurut keterangan kades cangkting Rispandi
Hiburan wayang kulit
Tsb.guna melestarikan budaya jawa. Semoga masyarakat Cangkring Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, hal ini bisa makmur dan sejahtera semuanya,” pungkasnya. (budi)

Baca :  Proyek Pavingsasi Dana BKD Didesa Sekargadung Kecamatan Dukun Diduga Untuk Ajang Korupsi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *