Upacara Selamatan Di Desa Mudung Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro

 

BOJONEGORO, Reportase INC – Tradisi selamatan, merupakan sebuah tradisi ritual yang hingga kini tetap di lestarikan oleh warga Desa mudung Kecamatan, Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro, salah satu adat jawa ini dilakukan oleh warga mudung.

Mat Zaini Kepala Desa mudung, dalam sambutannya acara selamatan ini marilah kita memohon kepada Allah SWT, semoga di Desa kami ini di jauhkan dari segala penyakit.

“Mat Zaini. dengan adanya wabah Corona – Covid 19, segeralah berahir, dan marilah berdo’a bersama – sama agar wabah ini sirna, utamanya di Desa yang kita cintai ini.

Syukuran dimulai dengan doa bersama dengan duduk bersila di atas tikar, melingkari nasi tumpeng dengan lauk pauk dan kemudian di lanjutkan dengan menikmati nasi tumpeng tersebut secara bersama – sama.

Sistem kepercayaan Animisme dan Dinamisme sangatlah melekat dalam kehidupan masyarakat Jawa. Mereka beranggapan bahwa setiap tempat yang ada di dunia ini memiliki penjaga yang memiliki kekuatan gaib (roh) dan berwatak (baik dan buruk).

Karena tujuan utama diadakannya ritual ini atau selamatan adalah memohon kepada Allah keselamatan, tradisi selamatan dalam praktiknya dilakukan hampir di setiap kejadian yang dianggap penting

Bertempat di Dusun Budok, berjalan lancar dan aman. ( San/Erna)

( San / Erna )

Baca :  Desa Kedungsumber dan Prayungan Raih 5 Penghargaan Dari Komisi Informasi Jatim

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *