Desa Sambiroto Kapas Lelang Tanah Bengkok, Patuhi Permendagri 1/2016

 

Detikkasus.com | Bojonegoro – Pemerintah Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengadakan puncak lelang tanah bengkok, Rabu (31/3/2021).

Kegiatan ini sudah berlangsung mulai bulan Februari 2021 kemarin. Pemerintah desa bersama panitia lelang sudah memiliki harga minimal lelang yang telah disetujui masyarakat.

“Prosesnya kita tawarkan ke masyarakat dengan harga minimal yang sudah ditentukan, lelang ini tidak dilakukan oleh pemerintah desa tetapi desa membentuk panitia lelang,” kata Kepala Desa Sambiroto, Gunawan.

Proses lelang ini dilakukan dengan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu UU Desa, Permendagri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa, Peraturan Bupati dan Peraturan Desa (Perdes).

Tanah bengkok yang saat ini menjadi sepenuhnya tanah kas desa, dengan luas sekitar 8 hektar yang dibagi menjadi 12 bidang tersebut berhasil disewakan seluruhnya kepada 33 orang pelelang.

Pemerintah Desa menerima 30% dari hasil lelang eks bengkok senilai Rp. 96 juta. Dana tersebut akan digunakan untuk tambahan tunjangan kepala desa dan perangkat desa. Sementara 70% dana hasil lelang untuk membiayai kegiatan Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan.

“Tanah yang telah dilelangkan nantinya akan dikelola sendiri oleh masyarakat pemenang lelang” pungkasnya. Pemenang lelang membayar uang sewa ke bendahara desa, untuk dimasukkan ke rekening kas desa. Menjadi pendapatan Asli Desa (PADes).
(Imam/Red)

 

Baca :  Penetapan Calon Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Modo

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *