Kabupaten Probolinggo Hari Ini Terima 3.175 Vaksin Sinovac

 

PROBOLINGGO, Reportase inc –
Hari ini, 3 ribu vaksin Sinovac, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 akan tiba di Kabupaten Probolinggo.Hal itu ditegaskan langsung oleh Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, vaksin tiba hari ini,Senin (25/1/2021),” jelasnya

Menurutnya, Vaksin Sinovac tersebut, akan tiba di Kabupaten Probolinggo sebanyak 3 ribu dosis.”Jumlah alokasi 3 ribu dosis (untuk tahap pertama yang di terima Kabupaten Probolinggo) ,” lanjutnya.
Nantinya, vaksin tersebut akan turun dan ditempatkan di Gudang Farmasi Kabupaten Probolinggo sekitar pukul 15.20 WIB.”Estimasi pukul 14.00 WIB, baru berangkat dari Dinkes (Dinas Kesehatan) Propinsi Jawa Timur,” pungkasnya.
Meski vaksin segera tiba di Kabupaten Probolinggo, namun pihaknya belum bisa menjadwalkan secara pasti pelaksanaan vaksin Sinovac.”Kami masih menunggu jadwalnya ya,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada tahap pertama ini vaksin akan diberikan kepada 3.175 para tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Probolinggo.
Meski demikian, dikatakan Dewi, pihaknya telah menyiapkan segala sarana dan prasarana untuk kedatangan vaksin. Mulai dari menyiapkan tempat penyimpanan vaksin dan petugas vaksinasi.
”Ada sekitar 225 orang vaksinator di Kabupaten Probolinggo yang sudah mendapatkan pelatihan dari Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang,” terangnya

Vaksin itu, akan disimpan di gudang penyimpanan farmasi Kabupaten Probolinggo yang ada di Kota Probolinggo. Cool chain (rantai dingin) vaksin di tingkat kabupaten juga sudah disiapkan. Terdiri atas satu coldroom, 43 lemari penyimpanan vaksin standar WHO yang berfungsi dengan baik di puskesmas-puskesmas.
Kemudian, lanjutnya, 282 vaccine carrier standar WHO serta rumah sakit sebanyak 6 lemari es penyimpan vaksin.

Jumlah posko vaksinasi yang disiapkan ada sebanyak 39 lokasi terdiri dari 33 puskesmas dan 6 rumah sakit,” paparnya.
Enam rumah sakit ini milik pemerintah dan swasta. Antara lain, RSUD Waluyo Jati, Kraksaan; RSUD Tongas; RSU Wonolangan, Dringu; RS Graha Sehat, Kraksaan; RS Rizani, Paiton; dan RSIA Fatimah, Kraksaan.
“Sisanya tersebar di 33 puskesmas yang ada di 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo,” jelas dr Dewi.(Yul/Alex)

Baca :  Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo Bentuk Tim, Terkait Tewasnya Youvari Aldriyansyah Purba

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *