Pekerjaan TPT Kontruksi Beton Tegalrejo Widang Di duga Tidak Sesuai Spek

Foto Pekerjaan TPT Kontruksi beton di desa Tegalrejo Kecamatan Widang Tuban


TUBAN | Tuban Rin Proyek pembangunan TPT di bahu jalan tepatnya di desa Tegalrejo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban Jawa Timur, diduga tidak sesuai Spesifikasi tecnik dan Rancangan Anggaran Belanja (RAB).

Alokasi anggaran yang bersumber dari Pendapatan belanja daerah yang dialokasikan untuk infrastruktur pembangunan tembok penahan tanah (TPT) berfungsi sebagai tembok penahan untuk menghindari longsor, serta membuat struktur jalan lebih kokoh.

Peningkatan anggaran yang digelontorkan dari APBD kabupaten Untuk Infrastruktur diharapkan meningkatkan mutu dan kualitas pekerjaan.

Namun lain halnya dengan pembangunan TPT di bahu jalan Desa Tegalrejo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban ini, hasil dari Investigasi wartawan
dilokasi proyek pekerjaan pembangunan TPT tersebut diduga sarat dengan penyimpangan, pasalnya pembangunan TPT dengan kontruksi beton tersebut kerangka besi warmes yang di gunakan diduga tidak sesuai spek (Over Hang),27/11/2020.

Dalam pengerjaanya diduga kerangka besi yang digunakan bervariasi besi 8mm, dan 6mm dengan jarak kisan 30 cm.

Infornasi yang dihimpun media di lokasi pekerjaan, pihak pelaksana penyedia jasa mauoun consultan pengawas tidak pernah ke lokasi pekerjaan, hanya tukang dan para pekerja.

Tak hanya itu, dalam pengerjaan TPT tersebut selain tidak sesuai spek dalam pekerjaan tersebut juga tidak terpasang papan proyek seperti yang tertuang dalam peraturan 1.Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung (“Permen PU 29/2006”), 2.Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan (“Permen PU 12/2014”).

Dan Undang – Undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi kepada publik.

Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan yang merupakan hak setiap warga negara untuk mendapat serta memperoleh informasi publik berdasarkan asas keterbukaan.

Pemasangan papan nama proyek ini termasuk pekerjaan persiapan (Pre-Construction). salah satunya adalah pemasangan papan nama proyek sebanyak yang diperlukan.

Hingga berita ini ditayangkan Pagu anggaran maupun pihak penyedia jasa belum diketahui, dan belum bisa dikonfirmasi.

Reporter : Budi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *