KPUD labura Gelar Simulasi Pemungutan Suara, Penghitungan Serta Penggunaan Aplikasi Sirekap Untuk Pilkada Serentak 2020

Labura, Reportase inc – KPUD Labura melaksanakan Simulasi yang digelar hanya satu daerah mewakili dari keseluruhan Kecamatan, desa, daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara, yakni di TPS 9, Dusun Bopet Air Salak Desa Sukarame,” kata Habibbullah Komisionee KPUD Labura kepada pewarta Reportase.

KPUD menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di tingkat TPS dalam Pilkada Serentak 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Simulasi berlangsung di Lapangan Sukarame Dusun Bopet Air Salak, Desa Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sabtu mulai Pukul 07.30 ketua KPUD labura memberi arahan dan pemaparan kepada seluruh pelaksana yang bertugas seluru PPK se kabupaten Labura dan PPS (21/11/2020).

Areal TPS sebelumnya telah di senprot disenfektan dan tiap pemilih yang akan masuk ke area pencoblosan diharuskan mengenakan masker, mencuci tangan dan diukur suhu badannya. Kemudian saat menunggu giliran mencoblos di bilik suara, pemilih duduk dengan menjaga jarak sambil mengenakan kaus tangan yang disediakan panitia pemilihan.

Divisi Teknis KPUD Kabupaten Labuhanbatu Utara Adi Susanto mengatakan, pelaksanaan simulasi dilaksanakan agar KPU mendapatkan masukan atau hal hal yang mendukung atau kendala menjadi bahan untuk pelaksanaan Pilkada desember nanti. Kegunaan Sirekap adalah mendeteksi pemungutan suara, saat hasil telah selesai di hitung secara manual di kertas plano, maka hasil tersebut di photo dan di masukkan ke aplikasi sirekap hasilnya akan langsung terkirim ke server web yang ada di KPUD kabupaten, pada hari itu juga waktu yang lebih cepat hasil yang sama akan dapat dilihat bersama,imbuh Adi Susanto.

Tampak hadir seluruh Komisioner KPUD, seluruh PPK, ketua PPS sekabupaten Labura, Kapolsek dan personil Polri yang bertugas, Koramil, perkopimda, Pemkab yang mewakili, Bawaslu Kabupaten dan kecamatan, masyarakat pemilih di TPS 9 dan Media. (Tumpal Simo)

Baca :  Sekda Tuban Tutup Diklat Kepemimpinan Pengawas

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *