Pembobol Mesin ATM BNI Diringkus Saat Beraksi di Sidoarjo

 

 

 

 

Mojokerto, Reportase inc –  Sugeng Supriyono (40), pencuri spesialis pembobolan mesin ATM, tak bisa laghi melakukan aksi kejahatannya. Pelaku yang lolos setelah membobol mesin ATM BNI Mojokerto Kota pada 20 Oktober 2020 pukul 01.00 WIB, diringkus jajaran Polsek Taman, Sidoarjo.

Sugeng ditangkap saat beraksi di ATM BCA yang berada di dalam minimarket, Jalan Raya Surabaya-Krian, Desa Trosobo Kecamatan Taman, Sidoarjo. Sementara temannya, Faisol Pramudia, yang terlibat dalam aksi tersebut, berhasil kabur.

“Tersangka adalah pelaku spesialis bobol ATM. Teman Sugeng berperan menjaga di depan (ruang mesin ATM) untuk mengawasi situasi sudah kami tetapkan sebagai DPO (daftar pencarian orang),” kata Kapoksek Taman Kompol Hery Setyo Susanto, Kamis (19/11/2020).

Hery menjelaskan, warga Kelurahan Sedati Gede, Kecamatan Sedati itu sudah empat kali melakukan pembobolan mesin ATM. Termasuk di Kota Mojokerto dan ATM Mandiri Gresik.

Kemudian membobol ATM BNI di Pilang Wonoayu pada Tanggal 25 Oktober 2020 dan ATM Bank Jatim depan Maspion 3 Desa Seruni Gedangan Sidoarjo, 16 November 2020  lalu. Hery mengatakan, pelaku ditetapkan sebagai tersangka percobaan pencurian dengan pemberatan

“Pelaku akan dijerat Pasal 363 ayat (1) ke 4e KUHP jo pasal 53, 55 KUHP,” tegas Hery.

Menurut Hery, tersangka berhasil diringkus berkat kesigapan salah seorang petugas PT Abacus Januarianto yang memantau situasi di depan Alfamart Trosobo melalu kamera CCTV, Kamis (19/11/2020) dini hari sekitar pukul 02.35 WIB. Melihat ada gelagat mencurigakan, ia menghubungi temannya di perusahaan yang sama, Iwan Setiawan (26), untuk memeriksa langsung ke lokasi.

“Setelah di cek, pekerja lapangan itu melihat pintu harmonika minimarket rusak berlubang dan ada bekas las. Kemudian dia bergegas melaporkan ke petugas bagian monitoring dan laporannya diteruskan ke kami. Petugas Piket langsung ke TKP,” kata Herry.

Baca :  Kejari Limpahkan Perkara Korupsi BKKPD Mantan Kades di Lamongan

Rupanya, Sugeng yang beraksi membobol ATM masih berada di dalam minimarket tersebut hingga polisi tiba di TKP. Hanya, temannya yang berjaga di depan berhasil kabur.

“Tersangka Sugeng sempat berusaha melarikan diri lewat atap, tapi tidak berhasil. Setelah pintu Alfamart dibuka, tersangka berhasil ditangkap. Faisol teman Sugeng, kabur duluan setelah petugas datang,” ungkap Kompol Hery, Kamis (19/11/2020).

Dari aksi percobaan pencurian itu, petugas menyita barang bukti satu set tabung las, satu buah tabung gas elpiji ukuran 3 kg, sebuah linggis kecil, sebuah bekas potongan pintu harmonika, sebuah gembok beserta rantai dan helm Gojek.

(im/Red)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *