Perayaan Grebeq Suro Hutan Bambu ,Perhatikan Protokol Kesehatan

Foto : Perayaan Grebeq Suryo

Lumajang, Reportase inc -Tempat wisata Hutan Banbu yang terletak lumajang bagian selatan ,mendadak dibanjiri pengunjung.

Saat ini lokasi wisata alami ada kegiatan rutin tahunan bagi umat muslim.

Grebeg Suro di Wisata Alam Hutan Bambu diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat, Kamis (20/08/2020). Seluruh panitia, para penari, undangan dan pengunjung yang hadir diwajibkan mengenakan masker.

Grebeg Suro di Desa Sumbermujur merupakan event tahunan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat sekitar atas rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kegiatan tersebut merupakan kearifan lokal masyarakat yang tetap dijaga sebagai warisan budaya leluhur.

Camat Candipuro, Agni Asmara Megatrah menyampaikan bahwa sesuai dengan tema “Sumbermujur Gemah Ripah Loh Jinawi”, ia berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini masyarakat Sumbermujur senantiasa diberikan keberkahan rezeki.

“Semoga dengan acara grebeg suro ini masyarakat Desa Sumbermujur hidup makmur,” ujarnya.

Grebeg Suro diawali dengan arak-arakan gunungan hasil bumi, kepala sapi, ingkung dan abu rampen yang diiringi oleh tari oling. Tari oling sendiri merupakan tarian yang menggambarkan prosesi Grebeg Suro dimana oling atau belut berukuran besar biasanya menampakkan diri di sumber mata air ketika prosesi penanaman kepala sapi berlangsung.

Kepala Desa Sumbermujur, Syafi’i menjelaskan bahwa 7 gunungan hasil bumi pada grebeg suro tahun ini melambangkan Sapta Pesona Pariwisata yang berasal dari 7 dusun di Desa Sumbermujur. Seluruh rangkaian grebeg suro diharapkan Kepala Desa Syafi’i dapat mendatangkan keberkahan bagi masyarakat Desa Sumbermujur dan sekitarnya.

“Ini bertujuan untuk menjaga dan melancarkan debit sumber mata air yang ada di sumber mata air Sumbermujur selain itu juga agar Sumbermujur Candipuro menjadi desa gemah ripah loh jinawi, yang artinya murah sandang pangan, murah air, murah sumber rezeki,” harapnya.(Agus)

Baca :  Momentum Hari Santri, Media Metro Soerya Biro Bojonegoro Berbagi Dengan Santri Pondok Pesantren

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *