Sambut HUT ke 75 RI, Danrem 082/CPYJ Tinjau Bedah Rumah Duda 90 Tahun

Mojokerto, RIN – Komandan Korem  082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto, meninjau karya bakti renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) Kertodamin (90) warga RT 008/RW 003 Desa Sumberarum Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Sabtu, 1/8/2020).

Renovasi dilaksanakan prajurit Kodim 0813 Bojonegoro ditujukan bagi warga kurang mampu dalam rangka menyambut Kemerdekaan ke 75 Republik Indonesia tahun 2020.

Dalam pelaksanaannya, juga melibatkan warga masyarakat sekitar sebagai wujud pelestarian budaya gotong-royong.

Kondisi rumah Kertodamin berukuran 9 x 4 meter berlantai tanah dan dinding papan terbuat dari bambu. Bahkan beberapa kayu tiang penyangga sudah lapuk dimakan usia, begitu juga dindingnya berlubang.

Kertodamin yang sudah berumur senja ini menempati rumah bersama anak kandungnya, Murtini berusia 60 tahun. “Dalam kegiatan peninjauan RTLH, Danrem menyampaikan, dengan telah direnovasinya rumah Bapak Kertodamin, semoga nantinya kehidupan Bapak Kertodamin akan lebih baik dari saat ini dan dirawat dengan baik,” ujar Danrem sambil berpesn.

Dandim 0813 Bojonegoro, menjelaskan dana renovasi ini merupakan bantuan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andhika Perkasa dalam rangka menyongsong peringatan Kemerdekaan ke 75 Negara Republik Indonesia, sekaligus sebagai wujud kepedulian TNI terhadap warga masyarakat kurang mampu.

Sebelum pelaksanaan renovasi rumah Kertodamin dilaksanakan pendataan oleh Babinsa bersama Kades dan perangkat desa hingga tingkat kecamatan terkait status tanah dan bangunan rumah tersebut.

Dandim memastikan proses renovasi direncanakan selesai dalam waktu satu minggu kedepan. Pelaksanaan pengerjaan renovasi rumah ini pihaknya mengerahkan tenaga-tenaga terampil, ulet dan handal dari prajurit-prajurit Kodim 0813/Bojonegoro yang bergotong-royong bersama warga sekitar.

“Dengan direnovasinya rumah ini, Bapak Kertodamin akan lebih nyaman dan aman tinggal di rumah tersebut serta taraf kehidupan Bapak Kertodamin dan keluarga akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kapanpun, TNI tetap ada untuk membantu masyarakat. Semoga bantuan ini bermanfaat dan membantu warga yang benar-benar tidak mampu,” tandas Letkol Inf Bambang Hariyanto.
* Penrem 082 *
(IM/Red)

Baca :  Harga Gula di Lamongan Merangkak Naik

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *