Trah Genetik atau Garis Keturunan Adalah  Politik Dinasti Desa

 

Bojonegoro – RIN – Politik Dinasti  dikenal sebagai sebuah rezim kekuasaan politik atau aktor politik yang dijalankan secara turun-temurun atau dilakukan oleh salah keluarga ataupun kerabat dekat. Rezim politik ini terbentuk dikarenakan concern yang sangat tinggi antara anggota keluarga terhadap perpolitikan dan biasanya orientasi Politik Dinasti ini adalah kekuasaan.

Politik dinasti juga secara sederhana dapat diartikan sebagai praktik kekuasaan seorang Kepala Desa  dimana anggota keluarga (sanak famili) diberi dan atau mendapat posisi dalam struktur kekuasaan, jadi kekuasaan hanya terbagi kepada dan terdistribusi dikalangan kerabat, keluarga sedarah. Secara umum, Politik Dinasti di desa  adalah proses mengarahkan regenerasi kekuasaan Kades bagi kepentingan golongan tertentu (contohnya keluarga elite) untuk bertujuan mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan di suatu desa, selain itu juga dapat mengandung konotasi negative ketika sitem perpolitikan tersebut dipadupadankan pada pengambilan kekuasaan.

Makna kepemimpinan bukan lagi menjadi hal krusial pada sistem dinasti dengan konotasi negative. Hal terpenting adalah bagaimana menjaga keutuhan kekuasaan pada generasi yang sama. Di Indonesia hal ini sudah banyak terjadi, berbicara politik praktis berbicara menjadi perhatian penulis adalah pemerintahan pedesaan dan Politik pedesaan saat ini, apakah itu dalam sistem jabatan di pedesaan dari mulai pemilihan hingga sampai jalannya pemerintahan pedesaan itu sendiri, saat ini saja yang mana jabatan kepala desa dalam Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, di sebutkan kepala desa yang menjabat selama 6 tahun dan tiga periode berturut-turut.  Yang artinya seorang kepala desa bisa menduduki jabatan selama 18 tahun ini berdampak dengan hadirnya raja raja kecil di desa.(Redaksi)

Baca :  Gerakan Sedekah Bahan Dapur di Desa Plosowahyu

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *