Polisi Amankan Humas Pertamina Gadungan

Tuban — Reportase Indonesia News — Seorang pemuda di Kabupaten Tuban diamankan petugas kepolisian lantaran mengaku menjadi humas pertamina. Dalam aksinya tersebut pelaku melakukan penipuan kepada warga dengan iming-iming kerja di pertamina. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan uang jutaan rupiah.

Satreskrim Polres Tuban mengamankan Eko Budiono, warga Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Sebelumnya, ia dilaporkan oleh lima korban dari Kecamatan Montong Tuban yang tertipu oleh pelaku.

Untuk mengelabuhi korbannya, pelaku memakai pakaian layaknya orang pertamina, lengkap dengan kartu tanda pengenalnya, sebagai karyawan pertamina.

Hal tersebut membuat pelaku dengan mudah meyakinkan korban untuk dijanjikan masuk menjadi karyawan pertamina dengan membayar Rp 5 juta perorang.

Aksi yang dilakukan oleh mantan karyawan PT. Rekayasa Industri mitra PT. Pertamina ini, awalnya berjalan mulus, namun karena pekerjaan yang di janjikan itu tak kunjung diterima korban.

Akhirnya para korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Pelaku yang mengaku sebagai Humas PT. Pertamina tersebut akhirnya dibekuk oleh pihak kepolisian di salah satu rumah korban.

Dihadapan petugas, pelaku mengakui semua perbuatan penipuan yang telah ia lakukan.

AKBP Nanag Haryono, Kapolres Tuban, menjelaskan, dari tangan pelaku, polisi mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya uang senilai Rp 25 juta hasil penipuan, seragam dan id card pertamina palsu.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku di jerat pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan, dengan acaman hukuman empat tahun penjara.

Polisi menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan modus penipuan masuk perusahaan dengan membayar sejumlah uang.
(trnn/red)*

Baca :  Praktisi Hukum Andar Situmorang SH Minta : Pelaku Penganiayaan Romauli, Segera Ditangkap

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *