Digelar Kemenkeu, Madrasah Borong Juara Lomba Konten APBN 2020

Jakarta, Reportase inc –  Madrasah mendominasi kejuaraan konten APBN tingkat SMP tahun 2020 yang digelar Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan. Kompetisi yang merupakan bagian dari Olimpiade APBN ini diikuti 127 peserta dan juara satu sampai tiga diraih oleh tim madrasah.

MTsN 3 Pamekasan meraih juara pertama, MTsN 1 Malang juara kedua, dan MTsN 3 Paser, Kalimantan Timur sebagai juara ketiga. Pemenang lomba diumumkan melalui live streaming YouTube Kementerian Keuangan pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Setelah pengumuman dibacakan, peserta mendapat kesempatan berbincang dengan Menkeu Sri Mulyani Indrawati, salah satunya adalah siswa MTsN 3 Paser Tiawati. “Assalamualaikum Ibu Menteri, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan yang telah memberi kesempatan pada kami untuk berkarya dalam lomba, dan alhamdulillah juara 3,” ujar Tiawati.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani menyampaikan apresiasi atas keterlibatan siswa SMP/MTs dalam kompetisi ini. “Alhamdulillah kegiatan lomba konten APBN 2020 ini diikuti dengan antusias oleh banyak sekali sekolah yang berbakat dalam membuat video serta memahami APBN, sekaligus momen agar putra putri bangsa mempelajari APBN,” tuturnya.

Terpisah, Kepala MTsN 3 Paser Subhan Walad menjelaskan, Tim MTsN 3 Paser pada kompetisi ini membuat video dengan topik APBN yang difokuskan pada infrastruktur. Video yang mengangkat tema “Pemerataan Bantuan Guna Anak Negeri” ini ternyata mencuri perhatian dewan juri, hingga masuk nominasi.

Menurutnya, video siswa MTsN 3 Paser menyoroti pembangunan infrastruktur jalan dan sarana prasarana sekolah. Video ini dikemas dalam adegan yang diperankan Irmayanti, sebagai siswa baru dengan watak polos dan banyak bertanya. Tokoh lainnya adalah Tyawati sebagai kakak kelas yang membantu menjelaskan bagaimana peran Pemerintah dalam pembangunan, mulai dari infrastruktur jalan hingga asrama terpadu MTsN 3 Paser. Gedung asrama tersebut dibangun dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), bagian dari APBN.

Baca :  Kemungkinan Indonesia di Izinkan Umrah, Kemenag: Kita Siapkan Skema Pelindungan Jemaah

Tim lainnya bertugas di belakang kamera, yaitu Abika Ramadhan (cameramen) dan Dicky Febriari (editor). “Video ini seluruhnya digarap dan diselesaikan oleh siswa, dengan didampingi Guru Pembimbing, yaitu Rizki Aulia Rahman, Rina Agustini, dan Rizky Ulfia Rifa’atul Janah,” terang Subhan di Paser, Jumat (30/10).

“Alhamdulillah saya mengucap syukur yang tak terhingga siswa-siswi MTsN 3 Paser bisa mengharumkan nama madrasah dan Provinsi Kalimantan Timur karena diikuti oleh siswa-siswi MTs dan SMP se-Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa Pendidikan Madrasah sekarang semakin maju di depan, dibuktikan dengan para juara yang asalnya dari madrasah semua. Saya ucapkan terima kasih kepada anak anak dan guru pembimbing yang sudah mendampingi dari awal sampai pengumuman ini,” ujarnya.

Lomba dilaksanakan secara virtual dengan mengupload video hasil karya ke kanal Youtube. Hingga berita ini dibuat, video yang diupload pada Channel Youtube MTs Negeri 3 Paser ini sudah lebih 1000 view.

 (Sap/Red)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *