MTQ Ke-29 Tuban Resmi ditutup, Kecamatan Senori Kafilah Terbaik

 

Tuban, Reportase inc – Gelaran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 Kabupaten Tuban resmi selesai. Penutupan MTQ ke-29 ditandai dengan penyerahan Trofi dan Medali bagi Kafilah terbaik, di ruang RH Ronggolawe Setda Tuban Rabu (28/10/2020) malam. Tampak hadir pada kegiatan ini, perwakilan Kantor Kemenag Tuban dan pengurus LPTQ Kabupaten Tuban.

Kafilah dari Kecamatan Senori dengan nilai 64 ditetapkan menjadi Kafilah Terbaik MTQ-29 Kabupaten Tuban tahun 2020. Sementara, Juara Kedua diraih kafilah kecamatan Merakurak dengan nilai 41 dan juara Ketiga diterima kafilah kecamatan Bangilan dengan nilai 40.

Sekretaris LPTQ Kabupaten Tuban, Eko Julianto, S.STP., MM., menyebutkan meski dihelat pada masa pandemi, pelaksanaan MTQ kali ini berjalan lancar tanpa mengurangi subtansinya. Karenanya masih pandemi Covid-19, sejumlah kegiatan MTQ ditiadakan, diantaranya pawai ta’aruf kafilah. “Harapannya, dengan doa dari insan cinta Al-Qur’an, Allah SWT segera mengangkat Covid-19,” tuturnya.

Penilaian MTQ dilakukan secara objektif dan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan. Sebelumnya, Dewan Hakim telah diambil sumpahnya beberapa waktu lalu. Sedangkan, peserta yang mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Tuban sebelumnya telah mengikuti seleksi di tingkat kecamatan masing-masing.

Eko Julianto menerangkan pelaksanaan MTQ Kabupaten Tuban mengadopsi sistem yang dipakai LPTQ Provinsi Jawa Timur. Panitia penyelenggara dan dewan hakim berupaya semaksimal mungkin memanfaatkan teknologi maupun aplikasi pendukung mulai dari tahap pendaftaran hingga penilaian.

“Kompetensi kafilah yang berpartisipasi pada MTQ kali ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” tambahnya. Beberapa cabang lomba yang dulunya tidak ada peserta, pada MTQ kali ini sudah mulai diminati dan diikuti sejumlah kafilah.

Penyelenggaraan MTQ diharapkan semakin mendukung upaya Pemkab Tuban dalam mewujudkan generasi qur’ani. Selain itu, meningkatkan semangat dan kecintaan masyarakat Bumi Wali pada Al-Qur’an.

Baca :  Hari Keenam Ops Zebra 2020, BOBOTA Sasar Masyarakat Tak Bermasker

“Kita doakan bersama 9 kafilah asal Tuban yang mewakili provinsi Jawa Timur pada MTQ tingkat Nasional membawa hasil terbaik. Tidak hanya itu, semoga pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun mendatang di Pamekasan, Kafilah Bumi Wali Tuban mampu mempertahankan gelar Juara Umum,” serunya.

Untuk diketahui, Gelaran MTQ yang dihelat selama 3 hari diikuti 503 kafilah dari 20 kecamatan di kabupaten Tuban. Para peserta bertanding pada 16 cabang golongan lomba. (Imm/Bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *