Status Kinerja Sangat Tinggi, Pemkab Tuban Terima Penghargaan Lagi

 

 

 

Tuban, Reportase inc – Pemkab Tuban kembali menerima penghargaan sebagai penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan Status Kinerja Sangat Tinggi dari hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2019 atas Laporan Penyelengaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2018 dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar parawansa kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda, bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jum’at (16/10/20). Dalam penghargaan ini Kabupaten Tuban meraih Status Kinerja Sangat Tinggi dengan skor 3.3469.

Dalam Sambutannya Gubernur Jatim memberikan apresiasi atas capaian kinerja Kabupaten/Kota di Jawa timur yang dinilai berhasil dalam penerapan prinsip otonomi daerah dan penyelenggaraan urusan pemerintahan dengan capaian sangat tinggi. Termasuk untuk Jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang meraih skor 3,4144 predikat sebagai Provinsi dengan status kinerja sangat tinggi.

“Jawa Timur alhamdulillah mencapai capaian kinerja tertinggi di antara seluruh provinsi di Indonesia. Dan seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur juga mendapatkan capaian sangat tinggi. Oleh karena itu ini akan menjadi modal untuk bisa menyeiringkan antara seluruh visi misi di tingkat pusat nyambung di tingkat provinsi nyambung di tingkat kabupaten kota itu semua in-line” kata Gubernur Khofifah.

Masih menurut Gubernur Khofifah, penghargaan ini menjadi salah satu wujud dari Nawa Bhakti Satya yakni “Jatim Amanah” yang bertujuan menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih, kompeten, profesional, partisipatoris dan berorientasi pada pelayanan prima. Khofifah berharap, kedepan prestasi ini dapat dipertahankan oleh seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jatim dan Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

“Saya ingin Jatim bisa jadi role model penyelenggaraan pemerintahan yang cepat, transparan, akuntable, dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada publik,”imbuhnya.

Baca :  Walikota Habib hadi Gowes Bareng Walikota Madiun di Kota Probolinggo

Sementara itu Bupati Tuban, H. Fathul Huda selepas menerima penghargaan ini mengaku sangat bersyukur atas capaian LPPD yang kembali diraih oleh Pemkab Tuban, Menurutnya, prestasi tersebut merupakan buah kerja keras semua jajaran di Pemerintah Kabupaten Tuban.

Dengan penghargaan ini pula Bupati berharap dapat dijadikan motivasi untuk dapat bekerja lebih baik lagi. “Alhamdulillah kinerja Pemkab Tuban diapresiasi dengan baik oleh Pemerintah Pusat, namun jangan cepat berpuas diri, mari kita terus tingkatkan lagi kinerja kedepan, untuk dapat mewujudkan tuban yang semakin maju dan sejahtera.” Ujar Bupati yang juga tokoh nahdlatul ulama ini.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Adminsitrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Tuban, Erkhamni menjelaskan bahwa LPPD adalah penilaian atas kinerja Pemerintah Daerah secara keseluruhan dari semua aspek yang menjadi Tugas pokok dan fungsi Pemkab.

Tupoksi tersebut meliputi kinerja dibidang pendidikan, kesehatan, perekonomian, pekerjaan umum, investasi, trantibmas, lingkungan hidup, ketenagakerjaan dan lain sebagianya. LPPD ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat atas kinerja selama satu tahun.

“Untuk itu harapannya kedepan kinerja dari seluruh jajaran di Pemkab Tuban dapat meningkat, agar capaian yang sudah baik saat ini, akan dapat ditingkatkan, dengan tujuan akhirnya adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat.” Pungkasnya. (Imm)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *