Roadmap Penguatan Moderasi Beragama Ditargetkan Rilis Bertepatan HAB Kemenag

Bogor, Reportase inc – Kemenag tengah mematangkan Rancangan Peraturan Menteri Agama (RPMA) dan roadmap penguatan moderasi beragama (MB). Pokja MB menargetkan keduanya sudah bisa dirilis bersamaan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama 2021.

“RPMA dan raodmap penguatan moderasi beragama terus kita matangkan. Targetnya bisa dirilis bersamaan HAB Kemenag, 3 Januari 2021,” terang Ketua Pokja MB Oman Fathurahman usai FGD pembahasan RPMA dan roadmap MB di Sentul, Sabtu (17/10).

Menurutnya, draft RPMA dan roadmap masih akan disempurnakan berdasarkan hasil masukan dalam FGD. Kedua draft itu ditargetkan final pada pertengahan November, baik dalam bentuk narasi maupun infografis.

“Akhir November kita akan lakukan uji sahih,” jelasnya.

Dijelaskan Oman, uji sahih akan melibatkan unsur majelis agama atau ormas keagamaan, tokoh agama yang tidak terwakili ormas, lembaga negara, serta representasi media. Untuk lembaga negara, rencananya akan mengundang unsur dari kampus (akademisi), Bappenas, Kemenko PMK, KSP, dan Setwapres.

“Uji shahih tentu bertujuan menggali masukan publik untuk penyempurnaan draft. Uji shahih sekaligus juga menjadi media sosialisasi,” ujarnya.

“Naskah final PMA dan Roadmap Penguatan MB, setelah mendapat masukan publik, targetnya akan dirilis saat HAB Kemenag 2021,” tandasnya.

 (Sap/Red)

Baca :  KOMNAS PERLINDUNGAN ANAK : Anak Indonesia Dalam Lingkaran Darurat Narkoba

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *