Gubernur Jatim Khofifah Siapkan Plt dan Pjs 9 Kepala Daerah, Termasuk Kabupaten Mojokerto

Mojokerto, RIN – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, tengah menyiapkan pelaksana tugas (plt) dan pejabat sementara (pjs) bupati ataupun wali kota yang kembali mencalonkan diri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Ada sembilan daerah yang akan dipimpin Plt atau selama proses pilkada hingga kepala daerah baru dilantik.

“Ibu Gubernur sudah memberikan arahan terkait plt dan pjs bupati dan wali kota. Ada sembilan kabupaten dan kota dari 19 daerah yang menggelar pilkada,” kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jatim, Jempin Marbun.

Posisi pjs disiapkan untuk daerah yang bupati atau wali kota yang kembali maju pada pilkada, sedangkan wakilnya tidak. Adapun jabatan plt bakal diberlakukan untuk daerah yang bupati atau wali kota serta wakilnya sama-sama running di pilkada.

“Sementara ini untuk Plt tercatat untuk Kabupaten Jember. Rencananya akan diisi pejabat eselon II Jatim,” ujar Jempin.

Adapun delapan daerah lain akan dijabat Pjs. Yakni Kabupaten Mojokerto, Kota Blitar, Trenggalek, Malang, Ponorogo, Blitar, Kota Pasuruan, dan Sidoarjo.

“Khusus untuk Sidoarjo, ini karena bupatinya masih tersangkut persoalan hukum dan wakilnya yang sekarang jadi plt Bupati juga maju pilkada,” papar Jempin.

Adapun kepala daerah di 10 kabupaten/kota penyelenggara pilkada lainnya telah menjabat dua periode. Sehingga, tetap bakal menjabat hingga berakhirnya masa bakti dan serah terima jabatan (sertijab).

“Yang sudah dua periode, kan, tidak bisa mencalonkan lagi. Maka, tetap akan menjabat sampai nanti sertijab bupati atau wali kota yang baru, sehingga tidak ada plt atau pjs,” tandasnya.

Pilkada 2020 yang sedianya berlangsung 9 Desember akan dilaksanakan di 270 daerah. Terdiri dari sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota

Baca :  Usulan PSBB di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik Disetujui Menkes

Untuk Jatim, ada 19 daerah yang menggelar pesta demorasi lima tahunan itu. Yakni Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Lamongan, Tuban, Gresik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sidoarjo, Sumenep, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. (im/Red)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *